AKBP Temmanganro Machmud S. Ik, MH Apresiasi Raihan Peringkat Pertama Polres Selayar Di RAT Primkopol 2019

SELAYAR, — Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopreasi Primkopol Polres Kep Selayar tahun 2019 dilaksanakan diaula Enra Dharmalaksana Polres Kep Selayar dengan agenda Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus (LPJP) pemilihan Ketua dan pengurus baru serta pembahasan program kerja sabtu (29/2/2020).

Ketua Koperasi Primkopol Polres Kep Selayar Kompol Bustan dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggota Koperasi Primkopol tahun 2019 sebanyak 286 terdiri dari anggota Polres Kep Selayar, PNS dan karyawan, modal Koperasi hingga tahun 2019 sebesar 9.171.784.306. (Sembilan Milyar Seratus Tujuh Puluh Satu Juta Tujuh Ratus Delapan Puluh Empat Ribu Tiga Ratus Enam Rupiah).

 

“Koperasi Polres Kep Selayar bahwa Koprasi Polres Kep selayar adalah koperasi peringkat terbaik di Kab Kep Selayar dan Masuk 10 Besar tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan mewakili Koperasi yang ada di kab Kep Selayar ditingkat Nasional, “kata Kompol Bustan.

 

Kadis Perindag UKM dan Koperasi yang diwakili oleh Muh. Darwis, menyampaikan bahwa pengelolaan Koperasi secara kompensional menjadi syariah memiliki perbedaan yakni kalau kompensional disebut bunga sedangkan syariah adalah bagi hasil.

 

“Peralihan Koprasi kompensinal ke Pola koprasi syariah sesuai regulasi/dibutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun, “ucap Darwis.

 

Sementara Ketua Dekopinda Drs. Hasbullah
Dalam sambutanya menyampaikan bahwa ada wacana Undang Undang Perkoperasi tidak mesti harus dari kelompok orang banyak tapi dengan 3 atau lebih bisa dibentuk Koperasi.

 

Kedua, dalam perkoperasian sebagaimana dalam regulasi, Koperasi tidak ada bunga tapi dikenal sebagai jasa. Perbedaan jasa dengan bunga sebagaimana perbangkan bunga adalah ditentukan oleh Satu pihak saja yaitu pihak Perbangkan.
Sementara dalam konteks Koperasi dikebal sebagai jasa yang ditentukan oleh hasil musyawarah anggota.

 

“Alhamdulillah, wasyukurillah, selamat kepada pengurus Koperasi atas prestasi yang telah diraih oleh pengurus Koperasi Primkopol Polres kep Selayar atas prestasinya mengelola Koperasi hingga mencapai prestasi yang membanggakan bagi Polres Kep Selayar, “kata AKBP Temmanganro Machmud S. Ik, MH.

 

Lanjut Kapolres menyampaikan bahwa prestasi ini muda mudahan bisa dipertahankan dan tingkatkan kedepan dengan pengelolaan secara Syariah dan Insya Allah barokah.

 

“Insya Allah, mudah-mudahan hal tersebut dapat terus ditingkatkan, “lanjutnya.

 

Dalam acara RAT kali ini Primkopol Polres Kep Selayar juga menyerahkan dana pendidikan kepada Ketua Dekopinda Drs. Hasbullah dan penarikan undian berupa uang tunai dan Lima unit sepeda kepada anggota Koperasi.

 

Undian hadiah utama sepeda lipat jatuh pada Aiptu Yudi Wibowo yang diundi oleh Ketua Dekopinda Drs. H. Hasbullah.

 



error: Jangan Asal Comot Bro!!!