Kunker Danny Pomanto Ke Sidney Janjikan Kerjasama Luar Biasa Untuk Masa Depan Makassar

SIDNEY, — Walikota Makassar, M. Ramdhan Pomanto bersama delegasi beberapa hari yang lalu melakukan kunjungan ke Australia, rabu (06/07/2022).

Setelah tiba di Australia, Walikota Makassar bersama delegasi melakukan pertemuan pertama dengan beberapa institusi di Melbourne, Australia. Institusi tersebut yakni Australian Indonesian Centre (AIC ), Walikota Makassar bertemu dengan Chief Executif Senior AIC, Dr. Eugene Sebastian bersama tim AIC lainnya, membahas tentang lingkup kerja yang dilakukan AIC di Makassar.

” Hal ini ternyata memiliki banyak kesamaan dengan visi misi pemerintahan saya bersama Ibu Fatmawati Rusdi”, ujar Ramdhan Pomanto yang akrab disapa Danny.

Setelah itu, ia bersama rombongan berkunjung ke Monash Art Desain Architectur ( MADA ) Monash University, dimana dalam pertemuan itu membahas tentang kelanjutan program Revitalisasi pemukiman kumuh dan lingkungannya atau Revitalising Invormal settlements and their Environments (RISE) yang peletakan batu pertamanya akan dilaksanakan pada bulan agustus mendatang. Setelah pertemuan tersebut Dhani Pomanto mendapatkan kehormatan untuk memberikan kuliah umum didepan mahasiswa S2 dan S3 di Universitas tersebut.

” Agenda pertemuan dengan RISE merupakan agenda penting kami selama kunjungan kerja di Australia “, jelas Walikota Makassar 2 periode ini.

Dhani Pomanto menambahkan bahwa pertemuan dengan RISE membahas tentang persiapan groundbreaking program RISE di Makassar, dimana Makassar merupakan satu-satunya Kota Di Indonesia yang menjalankan program RISE yang sudah berjalan sejak 2017 lalu dengan target menuju Kota 0% kawasan kumuh dan tahun ini kita tambahkan enam titik lainnya dengan pembiayaan dari Australia. Hal ini tentu memberikan harapan yang baik untuk Kota Makassar kedepannya.

Dihari selanjutnya, sebelum berkunjung ke Sydney dalam agenda Centuries of friendship, Walikota Makassar bersama delegasi, mengunjungi Konsulat Jenderal RI yang lansung disambut hangat oleh Konjen Kuncoro Waseso beserta tim Konsulat lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Danny Pomanto mendapatkan tawaran kerjasama dengan Konjen RI dalam hal promosi wisata, budaya, seni serta pengembangan UMKM atau ekonomi Kota Makassar.

Dalam Sambutan tersebut Konjen Kuncoro Waseso, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Walikota Makassar, Danny Pomanto beserta rombongan. Tentunya kami sangat menyambut baik kerjasama ini, in syaa allah kita akan rencanakan dengan baik, namun bukan hanya di Makassar kita berharap daerah lain juga bisa membangun kerjasama ini.

Dihari sabtu, Danny Pomanto bersama delegasi tiba di Sydney, tepatnya di Sydney Conservatorium of Music dalam perayaan persahabatan penduduk Makassar dengan Suku Aborigin yang berlansung sejak 3 abad lalu.

Dalam perayaan yang bertemakan “centuries of friendship”, tempat ini menjadi saksi atas kemeriahan perayaan tersebut. Acara yang diselenggarakan oleh Indonesian Community Council new South Wales ( ICC NSW ) dan didukung penuh oleh Australian Council for the Art, Daya Performing Art, KBRI Canberra, KJRI Sydney, serta Pemerintah Kota Makassar berjalan lancar.

Dalam perayaan ini pula pementasan beberapa Seni Tari dan Musik dari Kota Makassar mampu menggemparkan dan memberikan decap kagum hadirin yang datang ditempat tersebut.

” saya sangat bangga dan kagum dilaksanakannya perayaan ini, tentunya kegiatan ini kita semua berharap semakin memperkuat hubungan antara Australia dan Indonesia khususnya Kota Makassar “, ucap Danny dengan penuh semangat.

Selanjutnya, tepatnya dihari senin, Walikota Makassar dan delegasi bertemu dengan Walikota Gold Coast, Tom Tate di Counsul Chambers City.
Dipertemuan ini yang juga merupakan agenda terakhir, Danny membahas kelanjutan Twinning city antara Kota Makassar dan Gold Coast diberbagai bidang antara lain, pariwisata, pendidikan, transportasi dan art city.

“Kunjungan ini adalah suatu kunjungan balasan setelah kawan saya Walikota Gold Coast melakukan kunjungan ke Makassar 2019 lalu, ini tentu hal yang harus saya lakukan “, ujar Danny.

“Dari beberapa agenda yang kami lakukan di Australia ini, tentunya kami membawa niat dan harapan untuk Kota Makassar yang lebih baik kedepannya, kerjasama yang kita bangun dengan beberapa institusi juga tentunya menjadi hal positif untuk Kota Makassar, hal ini merupakan visi misi saya ( Danny Pomanto ) bersama ibu Fatmawaty Rusdi Makassar menuju kota dunia dan tentunya agar Makassar tidak mundur lagi”, tutup Walikota Makassar 2 periode ini.



Tinggalkan Balasan