Jelang HUT Bhayangkara Kombes. Pol. Budi Hariyanto S. Ik, MH, Gelar Lomba Kapolres Award Antar Polsek

MAKASSAR, — Kombes. Pol. Budi Hariyanto S. Ik, buat gebrakan baru menuju HUT Bhayangkara ke 76 yang bakal jatuh pada I Juli mendatang. Jajaran Polsek Bakal berlomba meraih apresiasi dari Kapolrestabes Makassar dengan catatan harus memenuhi beberapa kriteria.

“Jelang HUT Bhayangkara ke 76, saya selaku Kapolrestabes Makassar bakal memberikan reward kepada jajaran Polsek yang dinilai telah mampu memenuhi beberapa kriteria secara kompatibel, dan dari kriteria tersebut kita akan tahu sampai sejauh mana Institusi Polri berperan penting ditengah-tengah masyarakat, “kata Kombes. Pol. Budi Hariyanto S. Ik, MH, (13/06/2022) sekira pukul. 16.00 Wita.

Penilaian kinerja jajaran Polsek bergantung pada pemegang tongkat komando yakni Kapolsek masing-masing wilayah. Sampai sejauh mana Kapolsek mampu membimbing, membimbing, mengedukasi, melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat serta Personilnya.

“Keberhasilan dari Polsek yakni tergantung daripada pemegang tongkat komando yakni Kapolsek masing-masing wilayah. Kapolsek harus mampu membimbing, mengedukasi, melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat serta Personilnya, “lanjut Kombes. Pol. Budi Hariyanto S. Ik, MH.

Ditambah lagi 3 indikator yakni seberapa  banyak Polsek mempunyai koresponden masyarakat tentang harapan mereka untuk Polsek Sendiri dan Institusi Polri, Indikator kedua yakni berapa banyak Pos Ronda dan keaktifannya untuk mendukung Harkamtibmas dan Indikator ketiga yakni berapa banyak Tomas, Toga, Tokoh Pemuda dan masyarakat dalam mendukung Harkamtibmas untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif dan zero kriminal merupakan tujuan utama adanya Kapolrestabes Award ini.

“Tentunya 3 indikator untuk menciptakan Sitkond Kamtibmas dan Zero Kriminal adalah tujuan utama adanya giat ini, olehnya itu jajaran Kapolsek diminta untuk mampu menunjukkan kredibilitas mereka dalam memimpin, “tambah Kombes. Pol. Budi Hariyanto S. Ik, MH.

Selanjutnya Kapolrestabes Makassar membentuk tim penilai yang dipimpin oleh Kabag. Ops. Polrestabes Makassar. AKBP. Darminto S. Sos dan Kabag. Log. Polrestabes Makassar Kompol. Sudaryanto, untuk turun langsung ke Polsek jajaran melakukan penilaian terhadap penilaian pelayanan, figur kapolsek ditengah masyarakat, figur kapolsek bagi tokoh-tokoh masyarakat serta inovasi-inovasi Kapolsek untuk menciptakan Sitkon yang kondusif.

“Jadi ada 12 Polsek jajaran yakni Polsek B. Kanaya, Tamalanrea, Manggala, Panakukang, Tallo, Ujung Pandang, Rappocini, Makassar, Mariso, Mamajang dan Bontoala, kesemua Polsek jajaran harus mampu memenuhi ke empat kriteria penilaian, dan penilaiannya dilakukan secara Intern Polres dan secara tertutup, “ujar Kompol. Darminto.