Uji Skill AKBP. H.M. Yusuf Usman S. Ik, Gelar Latihan Menembak Bersama Jajaran Kodim 1403 Sawerigading

PALOPO, — Guna meningkatkan kemampuan Personil Polres Palopo dalam menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polres Palopo melaksanakan latihan menembak sasaran di lapangan tembak KODIM 1403 Sawerigading Palopo, Rabu (9/2/2022).

Kegiatan menembak dipimpin oleh Kapolres Palopo AKBP H. Muh. Yusuf Usman S.H., S.I.K., M.T diikuti Wakapolres Palopo Kompol Sanodding S.H, Para Kabag, Para Kasat dan Kapolsek jajaran serta personil Polres Palopo.

Sebelum melaksanakan latihan menembak, personel Polres Palopo mendapat bimbingan teknis pengetahuan pengoperasional senjata laras panjang ataupun pendek dalam apel pelaksanaan.

“Setiap personil yang melakukan latihan ini harus memahami cara menggunakan senjata termasuk dalam menjaga keamanan saat menggunakannya, karena bila salah dalam menggunakan akan berakibat fatal, ”ucap AKBP. H.M. Yusuf Usman S. Ik.

Latihan meningkatkan kemampuan Personil Polres Palopo dalam menggunakan senpi dilaksanakan rutin secara berkala. Hal ini disesuaikan dengan keterbatasan amunisi.

Meski begitu, latihan ini penting dalam mendukung tugas-tugas anggota di lapangan. Untuk latihan kali ini, para peserta melaksanakan latihan menembak sasaran dengan menggunakan senjata laras panjang jenis V2 Sabhara ataupun SS1, sedangkan untuk latihan menembak dengan senjata api laras pendek, menggunakan senpi jenis refolver.

“Tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kemampuan Personil, khususnya dalam menggunakan senpi, baik laras panjang maupun laras pendek. Latihan ini juga dimaksudkan untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas di lapangan, sehingga dalam menggunakan senpi ini tidak terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur lainnya, ” jelasnya.

Usai Latihan menembak, Kapolres Palopo AKBP H. Muh. Yusuf Usman S.H., S.I.K., M.T mengatakan, latihan menembak ini merupakan kegiatan yang sudah terjadwal dilingkungan Polres Palopo, namun karena kegiatan begitu padat sehingga baru terlaksana hari ini.

“Kegiatan latihan menembak ini sangat bermanfaat untuk melatih kemahiran Personel dalam menggunakan senjata api yang memiliki tujuan utama menjaga Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat) yang tetap kondusif, “tutup Kapolres Palopo AKBP H. Muh. Yusuf Usman S.H., S.I.K., M.T,



Tinggalkan Balasan