Dampingi Tim Wasrik Itwasda, AKBP. H. M. Yusuf Usman S. Ik, Chek Randis Dan Senpi Personil

PALOPO, — Bertempat dilapangan apel Polres Palopo, Tim Wasrik Itwasda Polda Sulsel yang dipimpin Irbid 2 Itwasda Polda Sulsel AKBP. Indratmoko S. Ik, dengan didampingi Kapolres Palopo AKBP H. Muh Yusuf Usman SH. S. Ik, MT, melakukan pengecekan kendaraan Dinas dan Senpi Polres Palopo bersama jajarannya, Selasa (18/01/2022).

“Kegiatan ini dilakukan guna melihat kesiapan Jajaran Polda Sulsel khususnya Polres Palopo dalam menunjang pelaksanaan tugas-tugas kepolisian di lapangan,” kata Tim Wasrik Itwasda Polda Sulsel Irbid 2 Itwasda Polda Sulsel AKBP Indratmoko S. Ik.

“Tujuan dari pemeriksaan ini, sebagai langkah pengecekan kesiapan dan kelayakan Kendaraan Dinas dan senpi dinas yang dipinjam pakaikan kepada personel maupun yang disimpan dalam gudang, pemeriksaan ini untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan Sarpras dinas yang dipinjam pakaikan kepada anggota untuk mencegah hal negatif dan pastinya saat digunakan, kondisi senpi benar-benar, baik tidak mengalami kendala ataupun rusak,” jelasnya

Kapolres Palopo AKBP H. Muh Yusuf Usman SH. S. Ik, MT, menjelaskan bahwa pelaksanaan Wasrik Polda Sulsel tersebut dalam rangka pengawasan reinventarisasi dan review barang aset tahun anggaran 2002.

“Pelaksanaan Wasrik Itwasda Polda Sulsel ini dalam rangka Pengawasan Reinventarisasi dan Review barang persediaan aset Polri T. A 2022 pada Satker dan Satwil Jajaran Polda Sulsel guna mengecek keadaan Fisik Kendaraan Dinas ( Randis) R-2, R-4 dan R-6 dengan sasaran kelengkapan kendaraan seperti Surat kendaraan, Rem, Lampu, Rotator, Sirine, juga fungsi kelengkapan, kondisi kendaraan, surat-surat kendaraan, jumlah kendaraan dan keadaan Senpi, “tambahnya.

Dimana kendaraan dinas dan senjata api diamanahkan dilingkungan Polri untuk betul-betul dijaga dan perlu dirawat.

“Kendaraan Dinas maupun Senpi yang diamanahkan dilingkungan Polri termasuk di Polres Palopo, harus betul-betul dijaga dan perlu kita rawat seperti kita menjaga dan merawat keluarga sendiri, dengan tujuannya agar penggunaan lebih awet, sehingga pelayanan kepada masyarakat pun lebih efektif dan maksimal, “tambahnya lagi.

Kapolres Palopo meminta kepada Personilnya khusus pemegang Randis dan Senpi untuk selalu menjaga dan merawat dengan baik dan benar.

“Kepada personil khususnya pemegang kendaraan Dinas maupun senpi hendaknya selalu memelihara dan merawatnya dengan baik dan benar. Jaga kebersihan kendaraan, rawat dengan baik, tidak usah di rubah warna ataupun dimodifikasi dengan harapan jika diperlukan kendaraan tersebut selalu siap, “harapnya.

Dalam hal ini Kapolres Palopo memastikan pemakaian Senpi baik itu laras pendek dan laras panjang harus dilengkapi dengan dokumennya.

“Kita juga ingin memastikan senpi yang dipinjam pakaikan kepada para anggota digunakan dengan baik. Selain mengecek senpi baik laras pendek maupun panjang, diperiksa juga surat kepemilikan senjata para anggota. Ini untuk mengecek apakah surat masih berlaku karena pemeriksaan psikologis berlaku hanya satu tahun sekali, “tutup AKBP. H. M. Yusuf Usman S. Ik.



Tinggalkan Balasan