Jadi Negosiator Ulung, Kapolres Pinrang AKBP Arief Sugihartono S. Ik, Berhasil Redam Emosi Massa Aksi

PINRANG, — Aksi Unjuk rasa Dari Aliansi Masyarakat, Pemuda dan Mahasiswa Pinrang. Sehubungan dengan pengadaan mobil pelayanan kesehatan di beberapa Desa yang ada di Kabupaten Pinrang,, Aksi dilaksanakan di beberapa tempat diantaranya, Kantor Dinas PMD Kabupaten Pinrang Jl. Gatot Subroto Kel Maccorawalie Kec Watang Sawitto Kabupaten Pinrang Sulsel, Rabu (6/10/2021).

Adapun tuntutan dari peserta Aksi yang dilakukan oleh Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Pinrang yaitu, Copot Kadis PMD Kabupaten Pinrang, memperjelas SOP mobil pelayanan kesehatan desa, meminta kepada Inspektorat Pinrang untuk melakukan Audit dan investigasi documen perencanaan penganggaran Desa

Reformasi di Korupsi, Mobil pelayanan Desa sedang ngewarkop. Selamat datang di Pinrang dimana lebih diprioritaskan mobil dibandingkan Infrastruktur Desa, yang dituliskan di Empat buah Spanduk.

Setelah melakukan orasi di depan Dinas PMD, Massa menuju ke DPRD Pinrang untuk melanjutkan Aksinya, setelah melakukan orasi dan menuntut Ketua DPRD Pinrang menemui mereka tapi yang bersangkutan tak kunjung keluar massa mulai kesal dan bersitegang dengan aparat keamanan.

“Kami meminta agar Kadis PMD Kabupaten Pinrang dicopot dari jabatannya, “kata Jendlap Aksi.

Kepolisian dan Satpol PP, Pihak Keamanan dari Polres Pinrang yang dipimpin Langsung oleh Kabag OPS Kompol Marthen Simon Raga berkali-kali melakukan negosiasi dengan massa dan mengharap pengertian dan kesabarannya.

“Ketua DPRD Pinrang bersedia menemui perwakilan dari peserta Aksi di ruang Konsolidasi gedung DPRD Pinrang, karena Estimasi massa yang mencapai ratusan orang tidak mungkin kalàu semuanya masuk, “ungkap Kabag OPS.

Namun Bapak Kapolres Pinrang bisa menenangkan massa yang jumlahnya ratusan orang. Massa yang mulai tersulut emosi beberapa Kali menyampaikan orasi bahwa mereka mau berdialog dengan Ketua DPRD Pinrang di luar gedung DPRD dan menolak jika yang di ijinkan masuk cuma perwakilan, massa memaksa untuk masuk, Aksi saling dorong tidak bisa dihindarkan dan hampir saja berakhir Anarkis.

Kapolres Pinrang AKBP M.Arief Sugihartono, SIK, MT yang mendadak hadir ditengah massa dengan jiwa kepemimpinan dan sebagai pengayom masyarakat mampu mengendalikan massa dan melakukan negosiasi, setelah diberikan pengertian massa bisa dikendalikan.

“Sebagai seorang anggota Kepolisian dan penanggung jawab penuh terciptanya Kamtibmas diwilayah Pinrang, saya mencoba menenangkan ade-ade yang ada dilokasi aksi, dan saya lakukan pendekatan secara persuasif kepada mereka, “jawab AKBP. Arief Sugihartono S. Ik.

Setelah berkoordinasi dengan Ketua DPRD Pinrang, Kapolres Pinrang AKBP M.Arief Sugihartono, SIK, MT kembali menemui peserta aksi dan menyampaikan, Ketua DPRD Pinrang bersedia menemui kalian dengan syarat semua harus tertib jangan ada yang anarkis, setelah peserta aksi berjanji untuk tertib, Kapolres Pinrang memfasilitasi peserta aksi untuk bertemu dengan Ketua DPRD Pinrang.

“Kami akan menindak lanjuti apa tuntuan Mahasiswa dan kami akan Menyurat ke Bupati Pinrang untuk mengklarifikasi apa tuntutan adik adik Mahasiswa terkait Pencopotan Kadis PMD, terkait dengan Audit kami akan menyurat kembali ke Inspektorat. Dan terkait SOP Penganggaran Mobil Dinas Pelayanan Kesehatan akan kami Rapatkan kembali dengan Anggota DPRD  yang lain, “kata H. Muhtadin Ketua DPRD Pinrang.

 



error: Jangan Asal Comot Bro!!!