oleh

Ngobrol Bareng Abah Tentang Unsur Manusia

-News-316 views

NASIONAL, — Abah Dhedy Fauzy Elhakim, dalam rubrik ‘TELAAH ABAH’, yang membahas tentang sisi manusia sebagai makhluk ciptaan oleh Tuhan Yang Maha Esa, (06/12/2020).

 

Bahwa didalam diri manusia terdapat Empat unsur, yakni Raga, Nyawa, Jiwa dan juga Ruh, dimana untuk mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat keempat unsur ini harus menaati aturan yang telah ditetapkan oleh Al-Qur’an.

 

“Manusia itu terdiri dari Empat unsur, Raga (Djizim), Nyawa (Hayatun), Jiwa (An-Nafs) dan juga Ruh, untuk mendapatkan keselamatan dunia akhirat keempat unsur ini harus menaati aturan dalam Al-Qur’an, “ungkap Dhedy Fauzy Elhakim.

 

Disebutkan bahwasanya Ruh tidak pernah melakukan hal-hal diluar kehendak, dikarenakan Ruh ditiupkan langsung oleh Allah SWT, dan Ruh juga jarang dibahas didalam Al-Qur’an atay kitab suci lainnya.

 

“Pada usia 120 hari, janin akan ditiupkan Ruh oleh Allah SWT, dan Ruh tidak pernah melakukan hal-hal diluar kehendak, oleh karenanya itu Ruh jarang dibahas didalam kitab suci Al-qur’an dan kitab lainnya, “lanjutnya.

 

Dalam jiwa ada unsur kalbu, dalam kalbu ada rasa, hasrat dan perasaan lainnya, oleh karena itu jiwa yang terganggu apabila kalbunya tidak sehat. Ruh tidak akan bahagia apabila kita terjerumus pada kenikmatan duniawi.

 

“Didalam jiwa ada unsur kalbu, rasa, hasrat dan perasaan lainnya, olehnya itu jiwa yang terganggu apabila kalbunya tidak sehat, dan Ruh tidak akan bahagia apabila kita terjerumus pada kenikmatan duniawi, “terang Abah.

 

Dalam proses meninggal dunia, yang meninggalkan dunia adalah Jiwa dan Ruh, kemudian Jasad akan tinggal didunia kembali ke tanah. Jiwa akan menuju ke alam Barzah (alam transisi) sementara Ruh kembali ke Sang Pencipta.

 

“Meninggal dunia adalah proses Jiwa dan Rug meninggalkan dunia bersama jasad yang kembali kedunia, Jiwa akan menuju ke alam Barzah atau alam Transisi, sementara Ruh akan langsung kembali kepada Sang Pencipta karena asalnya darisana, “tutup Abah.