oleh

Satlantas Polres Gowa Gencar Sosialisasi SIM Internasional, Ini Persyaratannya !

GOWA,Kanit Regident Satlantas Gowa, Ipda Ardiansyah, mensosialisasikan Surat Ijin Mengemudi (SIM) Internasional diruang Satuan Pelaksana Penyelenggara Adminstrasi (SPPA) SIM Polres Gowa, Senin (20/04/2020).

 

“Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional merupakan dokumen legal yang wajib dimiliki oleh wisatawan asing yang hendak mengemudi atau melakukan road trip di luar negeri. Jika itu termasuk dalam rencana liburan Anda, simak informasi berikut untuk mengetahui berkas dan syarat yang harus dilengkapi untuk membuat SIM Internasional, “kata Ipda Ardiansyah.

 

Berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Surat Izin Mengemudi, berkas yang perlu dipersiapkan adalah, Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk Warga Negara Asing (WNA) sebanyak 1 lembar, Fotokopi SIM nasional yang masih berlaku sebanyak 1 lembar, Fotokopi paspor yang masih berlaku sebanyak 1 lembar, dan Materai Rp6.000 sebanyak 1 lembar, juga Pas foto terbaru dengan ukuran 4cmx6cm dengan latar belakang biru sebanyak 3 lembar. Disarankan untuk menggunakan pakaian formal, seperti kemeja dan dasi untuk laki-laki serta blazer untuk perempuan.

 

Semua berkas yang disebutkan di atas perlu Anda fotokopi sesuai dengan ukuran aslinya – jangan diperbesar dan gunting, semua berkas tersebut di bawa ke Korlantas polri bagian pelayanan SIM Internasional yang berlokasi di Jl. MT. Haryono – Jakarta Selatan.

 

Di ruang yang berbeda Kasatlantas Polres Gowa AKP Mustari SH, membenarkan bahwa pihaknya gencar mensosialisasikan penerbitan SIM internasional di media cetak dan media elektronik guna masyarakat mengetahui tata cara pembuatan SIM Internasional.

 

“Alhamdulillah, jajaran Satlantas Polres Gowa saat ini memang tengah gencar mensosialisasikan SIM Internasional baik dimedia cetak maupun media elektronik, “tutup AKP Mustari SH.

 

(Musmulyadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed