oleh

Minimalisir Lakalantas Satlantas Polres Gowa Sisir Wilayah Black Spot

GOWA, — Untuk mengantisipasi terjadinya Lakalantas diwilayah hukum Polres Gowa Kanit. Laka Satlantas Polres Gowa Ipda. Ahmarullah Sahran Bersama Personil Dikyasa Brigpol Devi Susanto melaksanakan patroli dan pemantauan lokasi Black Spot rawan lakalantas dibeberapa lokasi, Senin (17/02/2020).

Sebanyak Dua titik black spot atau rawan kecelakaan terpantau di wilayah hukum Polres Gowa. Pengendara di himbau untuk waspada saat melintas di titik ini.

Kasatlantas Polres Gowa Mengatakan Kedua Blackspot tersebut berada di jalan nasional dan jalan Kabupaten.

“Personil Kami sudah melakukan cek ke lokasi. Dilihat dari kondisi jalan, sudah cukup bagus hanya saja posisi jalan menikung dan belum dipasang rambu rambu, “kata AKP Mustari SH.

Penetapan titik ke kategori black spot karena banyaknya kejadian kecelakaan, dan laporan dari Masyarakat terkait berbagai kejadian di lokasi.

“0-500 meter di sekitar black spot, terjadi beberapa kali kejadian kecelakaan. Itulah salah satu tolak ukur penetapan black spot,” lanjutnya.

Penetapan titik ke kategori black spot karena banyaknya kejadian kecelakaan, dan laporan dari Unit Laka Satlantas Polres Gowa.

Kecelakaan lalu lintas terjadi bukan hanya karena kurang hati hatinya pengguna jalan dalam arti pengemudi atau pengedara, tapi juga bisa disebabkan infrastruktur jalan kurang layak atau rusak.

Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola ,S.I.K. mengatakan bahwa upaya antisipasi dilakukan dengan melakukan patroli pemantauan dilokasi yang dianggap rawan terjadi kecelakaan lalu lintas guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Kita lakukan patroli dan pemantauan lokasi rawan laka secara berkala hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, kita juga melakukan pengaturan dan himbauan kepada pengguna jalan agar pelan pelan dikarenakan jalan yang lurus mejadikan semua kendaraan yang melintas dengan Kecepatan Tinggi di salah satu titik blackspot, “ungkap AKBP Boy FS Samola S. Ik.

Dalam hal ini diharapkan infrastruktur jalan segera dapat perhatian lebih dari dinas terkait sehingga dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas serta menjadikan sarana transportasi yang nyaman dan lancar di Kabupaten Gowa.