Sulawesi Selatan Provinsi Dengan Tingkat Penggunaan Helm Terendah, Ditlantas Polda Sulsel Diminta Pro Aktif

SULSEL, — Pentingnya penggunaan helm standar SNI sebelum mengendarai kendaraan roda II nampaknya masih kurang diterapkan oleh sebagian masyarakat Sulawesi Selatan. Dimana dibeberapa wilayah khususnya di kabupaten pinrang, soppeng, sidrap, bone, barru, maros, luwu timur, luwu utara, sengkang wilayah, masyarakat masih enggan untuk menggunakan helm dengan alasan jarak.

Alasan klasik sebagian pengendara roda II adalah jarak tempuh yang dekat, akan tetapi efek daripada penggunaannya sangat luar biasa.

“Dekatji pak, maujeka ke lapangan nonton bola, nda adaji juga Polisi pak, “jawab Asdar, salah seorang warga kabupaten Pinrang (18/01/2022) sekira pukul 16.00 Wita.

Kabupaten Pinrang, Soppeng, Sidrap, Bone, Barru, Maros, Luwu Timur, Luwu Utara, Sengkang dan kabupaten Gowa merupakan wilayah Sulsel yang tingkat kesadaran akan penggunaan helm yang minim.

“Biasa moki de’ ta helleng cappo, apalagi ko elomi lao ku warkop e (sudah biasa meki nda pake helm, apalagi cuman buat ke Warkop), “jawab Alfred, warga kabupaten Soppeng.

Sementara itu, Adi. Warga asal Malino bahkan mengaku dirinya jarang menggunakan helm, dikarenakan jarak dari rumah menuju ke Pasar atau pun tempat lainnya berdekatan.

“Kalo saya biasa mau ke pasar, nda ji. Karena nda terlalu ketatji disini (Malino) Polisi saja jarang yang pake helm, “ucap Adi.

Ketua LSM. Lidik Pro kabupaten Maros, Ismar mengatakan bahwa diwilayahnya juga kebanyakan pengendara roda II jarang menggunakan helm. Bahkan para pengendara tersebut melintas di depan Polres dan Polsek, dirinya juga meminta kepada jajaran Ditlantas Polda Sulsel untuk pro-aktif dan bertindak tegas baik kepada masyarakat maupun anggota Kepolisian yang tidak menggunakan helm.

“Disini saja (Maros) banyak yang nda pake helm, biasa dari kota Maros sampe di Bantimurung (Destinasi Wisata) jarang ada yang pake helm. Lewat-lewat laloji depan Polres/Polsek, harus pro-aktif ini Ditlantas untuk tindak tegas, mau masyarakat atau anggota, klo nd pake helm tindaki semua, “papar Ismar.

Dirlantas Polda Sulsel. Kombes. Pol. Faizal S. Ik, yang dikonfirmasi via Whatssapp pribadinya belum memberikan komentar terkait pentingnya penerapan penggunaan helm sebelum berkendara.



Tinggalkan Balasan