oleh

Jaga Warisan Leluhur CV Lontara Pabbura Dan CV Azzam Arira Macenning Siap Bawa ‘Aju Seppang’ Go Nasional

-Bone, News-25 views

BONE, — Kabupaten Bone yang merupakan titik sentral penghubung jazirah Sulawesi Selatan Dengan beberapa Propinsi tetangga, Sulawesi Tengah dan juga Sulawesi Barat.

Bone pada masa lampau dikenal sebagainya Bumi Petta Mata Silompoe, dikenal memiliki beberapa warisan leluhur sesuai dengan Lontara To Bone,
Lontara terkait obat-obatan Atau Lontara Pabbura, Lontara terkait perkawinan atau Lontara Akkalaibineng termasuk Lontara Parewa.

Namun, kali Ini mereka akan bahas terkait Lontara Pabbura, dimana didalam Lontara Ini khusus membahas tentang obat obatan Herbal, baik dari akar, batang, daun, buah bahkan kulit pohonnya.

“Aju Seppang atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama Kayu Secang, pada masa lampau jauh sebelum Bone kedatangan bangsa Asing, orang tua jaman dahulu sudah mengkonsumsi Aju Seppang yang diyakini bisa menyembuhkan beberapa penyakit dan buktinya orang orang Tua kita jaman dulu jarang terkena penyakit seperti sekarang ini, ” ungkap Andi Singkeru Rukka Owner CV Lontara Pabbura saat dikonfirmasi oleh Awak Media ini.

Lanjut, saatnya mengembangkan warisan leluhur Ini untuk kearifan lokal, Saatnya kita membudayakan minum Aju Seppang di setiap warga Bone, baik yang ada kota Bone sendiri maupun orang Bone yang berada dibelahan Bumi lainnya.

Lontara Pabbura adalah wadah berkumpul anak muda untuk mengangkat kembali kearifan Budaya disisi Pabbura, jika manifestasi budaya adalah karya yang diwariskan, maka Pabbura adalah Pusaka Dan Cani Ale’ Bedda Pica Macenning Dan Aju Seppang adalah wujud pusaka tersebut, ” tutur Andi Singke.

Selain Aju Seppang, Bedak Dingin dewasa ini sudah mulai banyak yang meminatinya.

“Untuk saat ini bukan hanya pengembangan Aju Seppang dalam bentuk kemasan, namun sudah mulai juga dengan produk Bedak Dingin (Bedda Pica Macenning) yang juga sudah mulai banyak peminatnya, ” Ungkap Ir Syamsul Rijal Owner CV Azzam Arira Macenning Produsen Bedda Pica macenning.

Musmulyadi S.pd Salah satu Aktivis LSM Bone, Kedua warisan pusaka budaya leluhur yang telah dikembangkan dalam bentuk kemasan Ini, tidak lama lagi akan Go Nasional.

“Tidak lama lagi, warisan leluhur kebanggan orang Bone akan Go Nasional, pasalnya Dengan mulainya Para Kepala Desa (Kades), Kepala Dinas (Kadis) Dan Pejabat baik di Bone dan di kota Makassar maupun di pusat mengkonsumsi Aju Seppang Dan Bedda Pica Macenning Ini, “tutup Musmulyadi S. Pd.

(Iwan Hammer)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed