Irjen. Pol. Merdisyam Jadi Saksi Penandatanganan Zona Integritas Direktorat Intelkam, Lantas Dan Reskrimsus Polda Sulsel

SULSEL, — Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si menyaksikan penanda tanganan pencanangan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM Dit. Intelkam, Ditlantas dan Dit Reskrimsus Polda Sulsel. Kegiatan digelar Senin, (15/03/2021) di Lobby Lt. 1 Mapolda Sulsel.

Selain Kapolda Sulsel turut hadir, Wakapolda Sulsel, Irwasda Sulsel, Para pejabat Utama Polda Sulsel, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulsel Subhan, ST., MH, Irwasda Polda Sulsel KBP Andi Pairan, S.IK M.S.M, Sekretaris PWI Sulsel Aji Daswar Raksul, WD3 FISIP UNHAS Dr. Hasrullah MA.

Dalam kegiatan tersebut, Dir Intelkam, Dir Lantas dan Dir Reskrimsus membacakan Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), dilanjutkan dengan penandatanganan bersama para Kasubdit dan Stakeholder yang disaksikan oleh Kapolda dan Wakapolda Sulsel.

Di dalam sambutannya Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Merdisyam mengatakan deklarasi ini merupakan langkah awal dalam rangka implementasi dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Agar kiranya Kasatker dan Kasatwil penyelenggara layanan publik, untuk memperhatikan dan menindaklanjuti hal-hal terkait upaya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di wilayah masing-masing antara lain, “kata Irjen. Pol. Merdisyam.

Kasatker dan Kasatwil juga diharapkan terus melakukan evaluasi terhadap aspek-aspek sangat penting dalam pelayanan yaitu standar pelayanan, survei kepuasan masyarakat, reward dan punishment terhadap kinerja personel, sarana dan prasarana ruang pelayanan, pengelolaan pengaduan dan inovasi pelayanan publik.

 

“Saya berharap dalam pelaksanaan tugas pelayanan turut melibatkan stakeholder dan masyarakat tidak membeda-bedakan pelayanan, memberikan punishment kepada personel unit pelayanan yang melakukan penyimpangan, pelanggaran hukum dan kode etik kepolisian, dia pun akan memberikan penghargaan kepada personel yang berprestasi, guna mengapresiasi kinerja personel dalam memberikan pelayanan, ” tambah Merdy.

Adapun sambutan Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulsel Subhan, ST., MH, mengatakan hari ini kita mencanangkan pembangunan zona integritas di tiga Direktorat Polda sulsel, kami di Ombudsman selalu melakukan kerja sama dengan Polri.

“Kami harapkan agar penandatanganan Zona Integritas Tiga Direktorat Polda Sulsel ini, bisa lebih mempererat sinergitas dengan Ombudsman, “papar Subhan ST. MH.

 

Menurut Subhan, Polri merupakan lembaga paling responsif dalam setiap penanganan masalah, Polres Gowa dan Polres Tana Toraja telah mencapai WBK.

“Polri merupakan lembaga paling responsif dalam penanganan masalah, di Polda Sulsel ada dua Polres yang telah mencapai WBK yaitu Polres Gowa dan Polres Tana Toraja, “lanjut Subhan.

Masih kata Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulsel, Polsek maupun Polres menjadi tempat pelaporan masyarakat yang terbanyak, Masyarakat dalam melakukan pelaporan tidak semuanya mengerti teknologi, oleh karena itu mari kita melakukan bimtek agar masyarakat lebih mengerti teknologi.

“Kedepannya, mari kita perkuat Bimtek, agar masyarakat dapat lebih mengerti teknologi, “tutup Subhan.

Kegiatan diakhiri dengan penampilan Yel Yel dari Dit Intelkam, Dit Lantas dan Dit Reskrimsus.