Sulawesi Selatan Miliki Harta Karun Emas Terbesar Di Dunia

Screenshot

SULSEL, — Sulawesi Selatan adalah sebuah Provinsi  yang terletak di ujung selatan, Pulau Sulawesi memiliki luas wilayah 62.482,54 Km2. Dengan 21 Kabupaten serta 3 Kota, Sulsel berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah, Barat dan Sulawesi Utara. Menurut Datu Azis serta Edward Brennan (Ahli Pertambangan Australia) Sulsel memiliki 14 wilayah dengan kandungan harta karun emas terbesar di dunia dan patut untuk dijaga.

Dalam pandangan ahli Geologi, Sulsel menjadi Sentra jalur emas Didunia menurut peta pertambangan dunia. Potensi tambang emas di Sulsel tersebar di sejumlah Kabupaten yakni Luwu, Luwu Utara, Luwu Tinur, Palopo, Tana Toraja, Pangkep, Barru, Bone, Wajo, Jeneponto, Takalar, Gowa, Maros dan Selayar.

Olehnya itu keberadaan harta karun emas tersebut patut untuk dijaga dan diawasi, agar dapat diolah menjadi industri yang menjanjikan kehidupan layak bagi masyarakat setempat. Menurut Datu Azis dan Edward Brennan, kandungan emas tersimpan Didalam perut Bumi dengan kedalaman sekitar 200 Meter, banyak ditemukan di kawasan hutan lindung diberbagai Kabupaten.

”Kandungan emas tersimpan Didalam perut Bumi hingga mencapai kedalaman 200 Meter dan sebagian besar berada pada kawasan Hutan Lindung diberbagai Kabupaten, “kata Datu Azis.

Hal ini ke depannya dapat menjadi kendala dengan Instansi yang bertanggung jawab atas Hutan Lindung, Kordinasi antar Instansi serta pengelolaan bijaksana akan menjadi kunci dalam memanfaatkan potensi emas di Sulsel secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

“Kunci untuk memanfaatkan dan mengelola kandungan alam berada pada kordinasi antar Instansi, sehingga potensi emas di Sulsel berkelanjutan dan bertanggung jawab, “lanjut Datu Azis.

 

Disadur Ulang Dari Sumber : (RBTVCAMKOHA.Com).

 




error: Jangan Asal Comot Bro!!!