News  

Anti Boros! 5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Sumber: unsplash.com

Anda merasa galau karena tanggal gajian masih seminggu tapi isi dompet sudah sangat menipis? Saatnya mencari tips hemat rumah tangga agar keuangan tetap aman dan tidak sibuk mencari hutang ketika uang sudah habis sama sekali. Jika terus berhutang maka sama saja bohong karena setelah mendapatkan segepok uang gaji, akan berkurang untuk membayar hutang tersebut dan uang tak jadi utuh lagi.

Sebenarnya prinsip hidup hemat itu cukup sederhana, cukup membeli barang-barang yang diperlukan dan mencari cara menghemat uang setiap hari. Namun harga sembako dan keperluan rumah tangga memang terus menanjak sehingga Anda wajib untuk bijak memilah. Jangan terdorong nafsu saat shopping dan harus sangat bijaksana dalam mentransfer uang saat berbelanja online.

5 Tips Hemat Pengeluaran Rumah Tangga

Berikut ini beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan agar bisa belanja keperluan dapur dan kebutuhan rumah tangga yang lain, tanpa terancam kehabisan gaji di tengah bulan:

1. Utamakan Beli Kebutuhan Pokok

Tips hidup hemat yang pertama adalah menomorsatukan belanja kebutuhan pokok, misalnya beras, gula pasir, minyak goreng, dll. Setelah gajian maka pesanlah sembako tersebut via marketplace dan pastikan jumlahnya mencukupi untuk dikonsumsi selama sebulan.

Kebutuhan primer harus diutamakan dan jangan terbalik dengan sibuk shopping benda-benda kebutuhan tersier seperti aksesoris rambut. Anda tak mau di akhir bulan terpaksa puasa karena persediaan beras sangat menipis, gara-gara khilaf belanja barang yang tak diperlukan, bukan?

2. Catat Kebutuhan Bulanan Sebelum Belanja

Kemudian, tips hemat rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan mencatat berbagai kebutuhan bulanan sebelum memutuskan check out belanjaan di marketplace. Pastikan Anda melihat persediaan sembako di dapur lalu menuliskan barang apa saja yang kurang dan harus dibeli. Jika tidak dicatat dulu maka dikhawatirkan malah belanja hal-hal yang kurang penting seperti casing HP imut, tetapi jadi lupa tidak beli minyak goreng.

3. Beli Barang Dalam Kemasan Besar

Pastikan Anda membeli barang kebutuhan rumah tangga dalam kemasan besar. Misalnya jangan beli susu kemasan kecil tetapi berkali-kali. Lebih baik pilih susu bubuk dalam dus besar (misalnya yang memiliki berat 800 gram). jIka dihitung, harga susu bubuk per gramnya akan lebih murah daripada beli yang kemasan kecil.

4. Jangan Gengsi Beli Barang Murah

Jika ingin hemat saat belanja kebutuhan keluarga maka jangan pernah gengsi membeli barang yang harganya lebih murah. Misalnya jika biasanya beli sabun mandi merek A tetapi belakangan harganya naik banyak. Akhirnya ganti saja dengan beli sabun merek B yang khasiatnya sama, tetapi dibanderol dengan harga yang lebih miring.

5. Beli Sabun Cuci Piring Kemasan Refill

Mencuci piring adalah pekerjaan rumah tangga yang pasti Anda lakukan tiap hari dan tiap kali belanja bulanan via marketplace, pasti juga check out sabun cuci piring. Agar lebih hemat maka beli sabun cuci piring refill yang harganya lebih murah. Sabun ini memang sangat terjangkau dan membuat Anda makin menghemat pengeluaran saat belanja kebutuhan keluarga.

Ada beberapa tips hemat rumah tangga yang bisa Anda terapkan sehingga gaji benar-benar mencukupi dan tidak kebingungan karena kehabisan uang. Pertama, pastikan ada catatan sebelum checkout belanjaan di marketplace.

Selanjutnya, pilih barang dengan kemasan besar dan beli sabun cair untuk cuci piring dalam kemasan refill. Dengan melakukan kiat-kiat ini maka gaji akan aman dipakai selama sebulan dan tidak ada kebutuhan keluarga yang kurang. Pastikan Anda belanja sembako dan berbagai stok dapur lain hanya di Blibli, marketplace yang menjual harga paling murah.



error: Jangan Asal Comot Bro!!!