Cuaca Ekstrem, Brimob Yon C Pelopor Gerak Cepat Evakuasi Atap Rumah Dijalan Poros Selayar

SELAYAR, — Angin kencang disertai hujan lebat yang melanda Kabupaten Selayar pagi tadi Selasa (08/12/20) menyebabkan atap bangunan yang terbuat dari konstruksi baja ringan rubuh dan terbang hingga menutupi badan jalan poros Appabatu Desa Parak Kecamatan Bontomanai Kabupaten Selayar.

Akibat kejadian ini, jalan poros yang menghubungkan antara Kota Benteng menuju pelabuhan penyeberangan Pamatata tertutup dan menyebabkan kemacetan panjang.

Menerima informasi tersebut Personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang sedang melaksanakan BKO (Bawah Kendali Operasi) Polres Selayar dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2020 bergerak cepat membantu proses evakuasi atap bangunan yang rubuh akibat terpaan angin kencang ini. Pergerakan Personel Batalyon C Pelopor BKO Polres Selayar membantu proses evakuasi atap bangunan rubuh ini pun dilakukan berdasarkan permintaan dari Kapolres Selayar AKBP Temmangnganro Machmud, S.I.K., M.H. selaku pengguna kekuatan Personel Brimob selama menjalankan BKO di Kepulauan Selayar.

” Kebetulan Personel Polres Selayar kebanyakan sedang menjalankan tugas pengamanan Pilkada Serentak di pulau-pulau terluar di kabupaten Selayar , jadi saya meminta bantuan dari Personel Brimob Batalyon C Pelopor yang sedang melaksanakan BKO untuk membantu proses evakuasi ini,” ujar Kapolres Selayar.

Hal ini pun dibenarkan oleh Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. Danyon C Pelopor mengatakan jika kendali kekuatan Brimob ketika di wilayah BKO berada pada Kapolres setempat.

” Benar tadi pagi Personel Batalyon C Pelopor BKO Polres Selayar membantu pihak terkait mengevakuasi atap bangunan warga yang rubuh di jalan poros Kabupaten Selayar. Meskipun tugas utama kami di sana adalah melakukan Pam Pilkada Serentak, tapi sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat kami juga dapat menjalan tugas kemanusiaan di wilayah Back up kami,” jelas Kompol Nur Ichsan kepada awak media pagi tadi.

Sementara itu Komandan Satuan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. mengatakan jika pergerakan pasukan Brimob Satbrimob Polda Sulsel sangat fleksibel dan dinamis yang mencerminkan lambang kebanggaan Brimob yaitu Roda Kompas.

” Jadi dimana pun kami berada, filosofi Roda Kompas yang menjadi lambang dari Korps Brimob tetap kami pedomani demi mewujudkan Bhakti Brimob Untuk Indonesia, sehingga kami dapat dengan luwes menerima tugas yang menjadi bagian dari kemampuan kami,” pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis.